Sunday 1 June 2014

SEJARAH KOPIAH

SEJARAH KOPIAH

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Kopiah adalah sejenis topi, berbentuk pendek bulat dikenakan di kepala. Oleh beberapa lelaki Muslim yang taat, Kopiah atau Songkok Bila dipakai dengan sendirinya, akan dapat menyempurnakan ibadah solatnya.

Kopiah tidak selalu berwarna putih. Kopiah juga memiliki bermacam-macam warna dan motif. Beberapa Muslim ada yang membalut kopiah menggunakan serban. Serban ini disebut imamah dalam bahasa Arab. Sebuah hadis dalam buku-buku Abu Dawud dan Tirmidzi yang mengutip, Nabi Muhammad mengatakan, "Perbezaan antara kami dan kaum musyrik adalah serban lebih topi kami." 

Hingga Hari ini Kopiah masih berfungsi, antara lain, sebagai bentuk seragam agama, untuk mengidentifikasi diri sendiri ke seluruh dunia sebagai orang yang menganut Islam (Muslim). Di Amerika Serikat dan Inggris, pedagang Muslim menjual Kopiah dengan nama Kufi.

Muslim memakai Kopiah untuk mencontoh Nabi Muhammad. Para sahabat Rosul belum pernah melihat kepala beliau Tanpa ditutupi. Untuk mencontoh tindakan beliau, beberapa Muslim seluruh dunia memakai berbagai Bentuk Kopiah,kufi,taqiyat, topi fez,songkok,peci dan tutup kepala lainnya. Tujuan lain dari memakai Kopiah adalah menjadi sunnah Rasul dan dengan sendirinya mematuhi dan mengikuti tradisi itu.

Kopiah, sebenarnya merupakan tradisi dari jaman dahulu; pra-Islam Orang-orang Arab mempunyai kebiasaan selalu memakai sesuatu di kepala mereka. Mereka menganggap tidak boleh untuk tidak mengenakan tutup kepala seperti kopiah. 

Meskipun asosiasi keagamaan, yang sebenarnya kopiah adalah item praktis dari pakaian di iklim gurun. meski suhu siang hari panas kopiah dapat mengurangi risiko dehidrasi, malam di Saudi Arabia ini cukup dingin, dan mengenakan penutup kepala ketika tidur akan mengurangi rasa dingin.

Kopiah juga disebut topi doa(topi agama) Oleh orang-orang eropah. Pria Muslim memakai kopiah ketika sholat Jum'at (Jumaat) solat di masjid, dan ibadah sehari-hari (Solat di rumah). Untuk pria, dianjurkan, yang bererti "terpuji" atau "mencari kasih Allah", untuk menutupi kepala selama solat. Lelaki Muslim Juga memakai Kopiah Ketika melakukan Ijab kabul pernikahan.

INI BEBERAPA CONTOH KOPIAH YANG DIBEKALKAN SYARIKAT SRI SAADONG UNTUK ANDA:-
















SEBARANG PERTANYAAN, HUBUNGI KAMI DINOMBOR 0129653400 @ 0199142385 (SRI SAADONG BATIK)

No comments:

Post a Comment

babab.net